Indonesia | Chinese
ICATI
» ...
Beranda Kegiatan ICATI dan TRAMS Gelar Pengobatan Gratis

ICATI dan TRAMS Gelar Pengobatan Gratis
23 Februari 2009

Ikatan Citra Alumni Taiwan seIndonesia (ICATI) dan Tim Relawan Medis dan SAR (TRAMS) menggelar aksi sosial pengobatan gratis di Kampung Rawa, Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (21/2) lalu. Aksi dalam bentuk ini merupakan yang kali pertama dilakukan ICATI. Sebelumnya, ICATI hanya melakukan bakti sosial dalam lingkup pemberian bantuan ke panti jompo dan panti asuhan.

"Sebenarnya sudah lama kami ingin membuat kegiatan seperti ini. Namun baru sekarang bisa terlaksana. Dan kami sangat bersyukur karena keinginan itu akhirnya bisa juga terlaksana," ungkap Presiden ICATI Rini Lestari.

"Kami hanya melakukan apa yang harus kami lakukan. Ini hanya bentuk kecil dari upaya kami untuk mendukung hidup sehat. Selebihnya berpulang pada diri masing-masing. Semoga saja bantuan kecil ini dapat bermanfaat bagi warga," dia melanjutkan.

Menjawab pertanyaan mengenai alasan dipilihnya tempat tersebut, Rini mengatakan, selain karena kondisi masyarakat yang cukup memprihatinkan sejak terkena banjir beberapa waktu lalu, kampung yang menjadi lokasi pengobatan ternyata belum tersentuh oleh bantuan apa pun. Penjelasan ini juga diiyakan oleh Asep, ketua TRAMS.

Menurut Kang Asep, demikian dia karib disapa, selama ini organisasi yang dipimpinnya selalu berusaha mencari daerah-daerah yang sebelumnya tidak pernah mendapat bantuan sosial. "Kami senang bisa bekerja sama dengan ICATI. Kepedulian terhadap sesama harus terus dijunjung tinggi dewasa ini. Semoga ke depan kami bisa terus menjalin hubungan dengan ICATI," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Lurah Kebon Jeruk Yayah menyatakan senang dan menyambut baik pengobatan gratis yang diadakan ICATI bersama TRAMS. Apalagi lanjutnya, pengobatan tersebut dilaksanakan di daerah Kampung Rawa yang notabene termasuk wilayah permukiman kumuh. "Bantuan ini tentu sangat berarti bagi warga setempat yang rata-rata berada di bawah garis kemiskinan," kata Yayah.

Dalam pelaksanaan bakti sosial ini Yayah juga mengimbau pada warganya agar bias memanfaatkan pengobatan gratis ini seoptimal mungkin. Apalagi, kata Yayah, sebelumnya ICATI dan TRAMS juga memberikan 1.000 kartu berobat empat hari melalui kelurahan untuk dibagikan kepada warga. "Sebanyak 500 kartu kami bagikan kepada warga sebelum pelaksanaan pengobatan gratis. Sisanya dibagikan kepada warga yang mendatangi langsung lokasi pengobatan," jelas Yayah.

Pengobatan gratis ini merupakan bentuk kerjasama ICATI dan TRAMS yang pertama. ICATI sendiri memilih TRAMS karena dinilai sudah sangat berpengalaman melakukan pengobatan gratis di daerah yang terkena bencana. Dalam aksi ini TRAMS menerjunkan empat dokter umum, satu dokter gigi, dua apoteker dan dua perawat. Sementara ICATI menurunkan dua orang dokter.

Copyright © 2009 Ikatan Citra Alumni Taiwan seIndonesia. powered by Menaravisi